Mengungkap Sisi Paling Fotogenik dari Sedotan



Saat haus dan menyambar air kemasan dalam botol, sedotan menjadi bagian terpenting. Ia dicari untuk mempermudah perpindahan air dari wadah ke tenggorokan. Setelah selesai dari pekerjaanya, sedotan itu pun dibuang.

Fotografi menambahkan cara pandang melihat batangan sedotan. Tidak sekadar alasan fungsional namun bisa memberi kekayaan visual tersendiri. Yakni memotretnya sampai menemukan sisi paling fotogenik dari batangan sedotan.

Penasaran? Siapkan batangan sedotan warna-warni. Anda bisa memilih warna dan desain sedotan sesuai selera. Dalam contoh kali ini dengan menggunakan 100 batang sedotan senilai Rp 10.000.

Kemudian persiapkan peralatan strobist. Yakni kamera dan external flash yang tidak perlu menempel di bodi kamera. Gunakan trigger release yang dijual di toko kamera. Trigger tersebut yang akan menghubungkan kamera dengan flash sehingga sinkron. Saat menjepret kamera, maka flash juga akan menyalak dengan akurat.



Seting kamera pada mode Manual. Gunakan ISO paling rendah, misalkan 100 atau 200. Tentukan diafragma terlebih dahulu pada diafragma kecil misalkan f/8 atau sebaliknya yang paling besar seperti f/2,8. Lalu sesuaikan speed hingga mendapatkan exposure yang diinginkan. Sementara untuk flash, gunakan mode Manual dengan kekuatan power 1/16 atau 1/32.

Tempatkan batangan sedotan itu pada meja yang dekat dinding. Sesuaikan warna dinding dengan background yang diinginkan. Menggunakan kertas karton 30x30 cm sudah cukup untuk mengubah warna background tersebut.



Jika sudah siap, jepret dengan lighting frontal dari atas, dari samping bahkan bakclight, jika perlu. Gunakan sudut pengambilan gambar yang representatif. Berikan sentuhan inovasi dan kreatfitas sampai menemukan sisi lain pada kumpulan sedotan itu. Akhiri dengan mengedit seperlunya di komputer atau aplikasi. Dan foto sedotan yang fotogenik pun sudah bisa diperoleh.

Bagaimana, mudah dan indah, bukan? Cukup menggeser persepsi dan cara pandang, maka yang terabaikan atau tidak berguna bisa menjadi paling menarik, bermanfaat dan melengkapi hidup Anda.